ORMAWA: Wadah Inspirasi dan Kreatifitas

17 Desember 2021 15:35
ORMAWA: Wadah Inspirasi dan Kreatifitas
Oleh Pipi/Istiqomah*

Kampus merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat banyak mahasiswa yang ingin meraih gelar sarjana, termasuk salah satunya Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. Layaknya kampus pada umumnya, tentunya INSURI tidak hanya berkutat pada dunia akademis tetapi juga memiliki organisasi mahasiswa (ORMAWA).

“INSURI merupakan kampus hebat pada masa sekarang, karena mampu bersaing dengan kampus negeri lainnya dalam segala bidang baik iptek, karya ilmiah, maupun skill, dan ilmu keagamaan. Sedangkan ORMAWA INSURI, saya pandang sebagai wadah inspirasi dan kreatifitas yang sangat bermanfaat untuk kemajuan INSURI itu sendiri, karena tanpa adanya ORMAWA, marwah perguruan tinggi bagaikan makan nasi tanpa lauk, polos, hambar, dan tak bervariasi.

Kampus yang juga identik dengan kampus hijau ini juga memiliki beragam mahasiswa di dalamnya. Menurut saya INSURI adalah kampus yang luar biasa karena di dalamnya terdapat berbagai macam mahasiswa mulai dari pekerja keras sampai pengangguran, pondok salaf sampai modern, asal daerah yang berbeda-beda dan lain sebagainya.

Beragamnya kesibukan dan aktivitas mahasiswa tersebut didukung dengan kebijakan kampus yang waktu masuknya dibagi menjadi dua; pagi dan sore hari. Hal ini memberikan waktu lebih bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan di luar kampus. Sedangkan adanya organisasi mahasiswa, lahir sebagai salah satu bentuk tanggung jawab manusia untuk menjalankan tugasnya. Di mana manusia memiliki kebutuhan untuk selalu bergerak dan berproses demi menjadi lebih baik.

Mengutip pendapat Ahmad Anton, salah satu mahasiswa baru jurusan KPI yang juga merupakan crew UKM PERS mengatakan “INSURI sebagai kampus yang berbasis keagamaan dengan kebijakannya, menurut saya lumayan memihak dengan mahasiswanya dilihat dari waktu dan pembelajarannya. Sedangkan mengenai ORMAWA kampus, sudah bagus hanya perlu semakin dikembangkan lagi.” Jelasnya.

Dari pendapat di atas dapat dipahami bahwa antara kampus dan mahasiswa saling berkesinambungan sehingga harus senantiasa dijaga hubungan baik antara keduanya agar selalu terjalin simbiosis mutualisme yang harmonis.

*) * Crew Pers Metamorfosis; Mahasiswa Fak. Tarbiyah INSURI