Prodi Ekonomi Syariah Mulai Ajukan Akreditasi ke BAN-PT

25 November 2021 14:51
Prodi Ekonomi Syariah Mulai Ajukan Akreditasi ke BAN-PT
Oleh Suad Fikriawan

Ponorogo (25/11) Fakultas Syariah INSURI Ponorogo saat ini telah memiliki dua program studi; 1) Hukum Ekonomi Syariah (HES); 2) Ekonomi Syariah (ES). Program Studi Ekonomi Syariah merupakan Program Studi baru yang mendapatkan SK dari Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 193 Tahun 2020. Selama kurang dari dua tahun berjalan, berbagai kegiatan telah dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas prodi. Salah satu kegiatan yang saat ini dilaksanakan adalah proses pengajuan  akreditasi Program Studi pada BAN-PT. Kegiatan ini  disamping merupakan tuntutan meningkatkan kualitas program studi, juga menjadi salah satu kewajiban yang harus segera dilakukan guna memenuhi syarat minimal pendirian Program Studi. Demikian sebagaimana diinstruksikakan oleh Menteri Agama RI melalui Dirjen Pendidikan Islam.

Acuan standar akreditasi yang digunakan Program Studi ES merupakan acuan standar baru yang memiliki kualifikasi lebih tinggi dibanding standar akreditasi lama. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi prodi yang hendak melaksanakan akreditasi, terlebih bagi tim akreditasi Fakultas Syariah. Di sisi lain, tim akreditasi dari Fakultas Syariah dalam mempersiapakan akreditasi Prodi ES, bertekad dan berupaya sebaik mungkin untuk mendapatkan peringkat terbaik agar mampu meningkatkan animo masyarakat pada prodi tersebut. ‘Benar, saat ini animo masyarakat pada Prodi ES meningkat, karena proyeksi pasar yang lebih dinamis”, ujar Nafi’ah selaku Ketua Prodi ES.

Selain meningkatnya animo masyarakat, ada yang lebih penting lagi, bahwa standar akreditasi yang baru telah menuntut adanya sinkronisasi antara kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diinternalisasikan melalui proses pembelajaran. “Jadi sekarang harus mengintegrasikan antara Tri Darma PT”, ungkap lebih lanjut Ketua Prodi ES. Tidak hanya itu, proses pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diinternalisasikan melalui pembelajaran juga harus memiliki tolok ukur yang jelas terhadap mutu lulusan. Tolok ukur demikian dilakukan menggunakan survey kepuasan dari para pengguna lulusan INSURI. Sehingga, bila dicermati, antara proses pembelajaran dan output lulusan memiliki konektivitas yang kuat. Indikatornya mudah, apabila lulusan memiliki kualitas yang baik berarti proses pembelajaran sudah dipastikan baik. Maka dari itu, guna mewujudkan kualitas lulusan dan pembelajaran, pengajuan akreditasi prodi dirasa sangat penting.

Masduki, selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) INSURI menambahkan, secara umum INSURI telah memiliki sembilan Program Studi yang sebagian besar memiliki peringkat Akreditasi B (sangat Baik), termasuk salah satunya Program Studi Hukum Ekonomi Syariah yang telah tiga kali menyandang Akreditasi B. “Capaian sembilan Prodi dengan Predikat B pada tahun 2021 minimal harus dipertahankan, apalagi pada tahun ini, prodi ES juga mengajukan akreditasi ke BAN-PT”. Oleh karena itu, tim akreditasi Fakultas Syariah terus optimis dengan segenap upaya yang dilakukan agar membawa hasil akreditasi yang setidaknya sama dengan prodi  Hukum Ekonomi Syariah.

Sikap optimisme ini didukung oleh beberapa indikator yang menurut  Masduki cukup beralasan; Pertama, Prodi ES memiliki enam dosen tetap yang berkualitas, bahkan dua dosen diantaranya menyandang gelar Doktor di bidang Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah. Kedua, mahasiswa Prodi ES memiliki prestasi akademik dan non akademik yang merata disetiap tingkatan (semester). setidaknya prestasi demikian diraih pada tingkat lokal atau regional. Ketiga, sarana prasarana pendidikan yang sangat memadai serta lokasi kampus yang sangat strategis dan mudah dijangkau dari manapun. Keempat, desain pembelajaran yang mengutamakan pada experiece based learing yang memadukan antara Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum yang telah ditetapkan sebelumnya disertai dukungan mitra kerja di tingkat regional maupun nasional. Harapannya dukungan doa dan ikhtiar semua pihak untuk mewujudkan peringkat akreditasi yang terbaik dapat diraih dengan mudah.