Mahasiswa KPM Presentasikan Produk Hasil Pengabdian Saat Penutupan

September, 06 2020 11:24
Mahasiswa KPM Presentasikan Produk Hasil Pengabdian Saat Penutupan
Oleh Humas INSURI

Ponorogo (6/9) Mahasiswa peserta Kuliah Pegabdian Masyarakat (KPM) INSURI Ponorogo presentasikan produk hasil pengabdian usai apel penutupan KPM di halaman INSURI pada Kamis (3/9). Seminar produk hasil pengabdian ini merupakan hasil karya mahasiswa selama satu bulan menjalani KPM di masyarakat. Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa konsep KPM pada tahun 2020 ini ialah mahasiswa menjalani KPM secara individu dan kelompok di lokasi domisili masing-masing.

Terhitung pada Kamis (3/9) peserta KPM telah selesai menjalani tugasnya di masyarakat. Hal ini ditandai dengan dilaksanakan apel penutupan yang digelar di halaman kampus INSURI Ponorogo. Usai apel yang dipimpin oleh Rektor, masing-masing kelompok KPM mempresentasikan hasil produk pengabdian. Ada delapan produk makanan dan satu produk bahan pembelajaran dari enam belas kelompok KPM yang sudah jadi, diantaranya ialah; Moci Singkong Naga Merah, Susu Segar Aneka Rasa, Masker Hijab, Eskrim Susu, Lempeng, Kontho Gethuk, Susu Rasa, Rengginan Varian Rasa, dan Bahan Ajar Al-Mufradat Al-Yaumiyyah.

Perwakilan dari masing-masing kelompok memperesentasikan produk hasil KPM di hadapan panitia KPM, mahasiswa, dan dosen pembimbing lapangan. Hal tersebut merupakan salah satu edukasi untuk mahasiswa bahwa menjalani pengabdian di masyarakat harus memiliki kreativitas yang menunjang ekonomi rakyat, yang salah satunya ditandai dengan lahirnya produk-produk makanan ringan maupun produk yang bermanfaat untuk pembelajaran.