BAN-PT Asesmen Prodi KPI Secara Daring

07 Desember 2020 20:28
BAN-PT Asesmen Prodi KPI Secara Daring
Oleh Humas INSURI

Ponorogo (7/12) BAN-PT lakukan visitasi daring pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah INSURI Ponorogo pada Jumat s.d Sabtu 4-5 Desember 2020. Visitasi daring ini berdasar surat Asesmen Lapangan BAN-PT yang diinformasikan dua minggu sebelumnya kepada pihak INSURI. Bertindak sebagai Asesor Dr. Ilyas Supena, M.Ag (UIN Wali Songo Semarang) dan Dr. Sulkhan Chakim, M.M (IAIN Purwokerto). Acara digelar dua hari secara penuh pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Agus Setyawan selaku Dekan Fakultas Dakwah memberikan keterangan bahwa pengusulan borang akreditasi 3A dan 3B telah dilakukan pada tahun 2018. Dua tahun kemudian baru ada konfirmasi dari BAN-PT bahwa prodi akan diasesmen secara daring pada awal Desember 2020. Tentu hal demikian sudah disiapkan jauh hari oleh tim akreditasi, ujar mantan Ketua Prodi PMI ini. 

Ada tujuh standar yang akan diasesmen BAN-PT yakni standar satu (Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian), standar dua (Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu), standar tiga (Mahasiswa dan Lulusan), standar empat (Sumber Daya Manusia), standar lima (Kurikulum Pembelajaran, dan Suasana Akademik), standar enam (Pembiayaan, Sarpra, dan Sistem Informasi), standar tujuh (Penelitian, Pelayanan/PKM, dan Kerjasama). Dengan demikian, harapannya ke depan asesmen ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Prodi KPI.